Materi Bab 4 Masyarakat Indonesia pada Masa Pra-aksara, Hindu-Buddha dan Islam - RUANGLES.WEB.ID

Materi Bab 4 Masyarakat Indonesia pada Masa Pra-aksara, Hindu-Buddha dan Islam




Kompetensi Dasar, Tujuan Pembelajaran dan Rangkuman Materi IPS Kelas 7 Bab 4 Masyarakat Indonesia pada Masa Pra-aksara, Hindu-Buddha dan Islam

KD 3.4 Memahami kronologi perubahan, dan kesinambungan dalam kehidupan bangsa Indonesia pada aspek politik, sosial, budaya, geografis, dan pendidikan sejak masa praaksara sampai masa Hindu-Buddha dan Islam.
KD 4.4. Menguraikan kronologi perubahan, dan kesinambungan dalam kehidupan bangsa Indonesia pada aspek politik, sosial, budaya, geografis, dan pendidikan sejak masa praaksara sampai masa Hindu-Buddha dan Islam.

Setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan, peserta didik diharapkan dapat :
1. Mengidentifikasi periodesasi masa praaksara di Indonesia
2. Mendeskripsikan perkembangan masyarakat Indonesia pada masa praaksara
3. Mendeskripsikan perkembangan masyarakat Indonesia pada masa Hindu-Buddha
4. Mendeskripsikan perkembangan masyarakat Indonesia pada masa Islam

Materi Bab 4 Masyarakat Indonesia pada Masa Pra-aksara, Hindu-Buddha dan Islam


Rangkuman Materi Masyarakat Indonesia pada Masa Pra-aksara, Hindu-Buddha dan Islam

1. Zaman Praaksara adalah zaman sebelum manusia mengenal tulisan. Zaman praaksara dimulai sejak manusia ada dan berakhir setelah manusia mengenal tulisan.
2. Secara geologis, sejarah perkembangan bumi dapat dibagi menjadi 4 periode: zaman arkaeikum, palaeozoikum, mesozoikum, dan neozoikum.
3. Secara arkeologis, sejarah kehidupan manusia dibagi menjadi dua, yaitu zaman batu dan zaman logam.
4. Menurut tingkat kehidupan sosial ekonominya, kehidupan manusia praaksara dikelompokkan menjadi tiga, yaitu masa berburu dan mengumpulkan makanan, masa bercocok tanam, dan masa perundagian.
5. Kedatangan dan persebaran nenek moyang bangsa Indonesia di Nusantara. Nenek moyang bangsa Indonesia berasal dari daerah Yunan di Cina Selatan. Mereka termasuk rumpun bangsa Austronesia yang masuk ke Indonesia secara bergelombang dan bertahap. Bangsa Austronesia yang masuk ke Indonesia disebut bangsa Melayu yang dibedakan menjadi dua macam, yaitu bangsa Proto Melayu dan bangsa Deutero Melayu.
6. Terdapat empat teori yang menjelaskan masuknya kebudayaan Hindu-Buddha ke Indonesia adalah teori ksatria, teori brahmana, teori waisya, dan teori arus balik.
7. Kerajaan-kerajaan di Indonesia yang bercorak Hindu-Buddha antara lain adalah kerajaan Kutai, Tarumanegara, Sriwijaya, Mataram Kuno, Medang, Kediri, Singhasari, dan Majapahit.
8. Peninggalan sejarah yang bercorak Hindu-Buddha di Indonesia di antaranya adalah candi, patung, seni pahat dan ukir (relief), prasasti, dan sastra (kitab-kitab).
9. Agama Islam masuk ke Indonesia pada abad ke-7 sampai dengan 13 M melalui jalur perdagangan yang dibawa oleh para pedagang dari Arab, Persia, dan India.
10. Kesultanan-kesultanan Islam yang ada di Indonesia antara lain adalah kesultanan Samudra Pasai, Aceh Darussalam, Demak, Mataram, Banten, Banjar, Makassar, serta Ternate dan Tidore.
11. Peninggalan sejarah yang Islam di Indonesia di antaranya adalah masjid, keraton, kaligrafi, seni tari, debus, serta perayaan sekaten dan grebeg.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Materi Bab 4 Masyarakat Indonesia pada Masa Pra-aksara, Hindu-Buddha dan Islam"

Post a Comment