Materi Bab 2 Interaksi Sosial dan Lembaga Sosial - RUANGLES.WEB.ID

Materi Bab 2 Interaksi Sosial dan Lembaga Sosial




Kompetensi Dasar dan Tujuan Materi IPS Kelas 7 Bab 2 Interaksi Sosial dan Lembaga Sosial

3.2 Mengidentifikasi interaksi sosial dalam ruang dan pengaruhnya terhadap kehidupan sosial, ekonomi, dan budaya dalam nilai dan norma serta kelembagaan sosial budaya.

4.2. Menyajikan hasil identifikasi tentang interaksi sosial dalam ruang dan pengaruhnya terhadap kehidupan sosial, ekonomi, dan budaya dalam nilai dan norma serta kelembagaan sosial budaya.

Setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan, peserta didik diharapkan dapat :
a. menjelaskan pengertian interaksi sosial
b. menjelaskan syarat-syarat interaksi sosial
c. menjelaskan bentuk interaksi sosial yang asosiatif
d. menjelaskan bentuk interaksi sosial yang disosiatif
e. menjelaskan pengaruh interaksi sosial terhadap pembentukan lembaga sosial
f. menjelaskan pengertian lembaga sosial
g. menjelaskan jenis-jenis lembaga sosial
h. menjelaskan fungsi lembaga sosial
i. Menunjukkan perilaku jujur, bertanggungjawab

Materi Bab 2 Interaksi Sosial dan Lembaga Sosial


Rangkuman Materi
1. Interaksi sosial adalah hubungan-hubungan antara orang perorangan, antara kelompok manusia, maupun antara orang perorangan dan kelompok manusia
2. Proses interaksi sosial akan terjadi apabila di antara pihak yang berinteraksi melakukan kontak sosial dan komunikasi.
3. Proses yang asosiatif terjadi apabila seseorang atau sekelompok orang melakukan interaksi sosial yang mengarah kepada kesatuan pandangan. Proses ini terdiri atas tiga bentuk yaitu kerja sama, akomodasi, dan asimilasi
4. Proses yang disosiatif terjadi apabila seseorang atau sekelompok orang melakukan interaksi sosial yang mengarah pada konflik dan merenggangkan solidaritas kelompok. Proses ini terdiri atas tiga bentuk yaitu kompetisi, kontravensi, dan pertentangan
5. Di dalam masyarakat dikenal ada empat tingkatan norma yaitu cara (usage), kebiasaan (folksway), tata kelakuan (mores), dan adat istiadat (customs).
6. Interaksi sosial yang terjalin secara berpola akan menghasilkan lembaga sosial. Oleh karena itu, interaksi sosial berpengaruh besar terhadap terbentuknya lembaga sosial masyarakat yang bersangkutan
7. Lembaga sosial adalah lembaga yang mengatur rangkaian tata cara dalam memenuhi kebutuhan manusia dalam menjalani kehidupan dengan tujuan mendapatkan keteraturan hidup.
8. Jenis-jenis lembaga sosial adalah lembaga keluarga, lembaga pendidikan, lembaga ekonomi, lembaga politik, dan lembaga agama.
9. Fungsi dan peran lembaga sosial di masyarakat untuk mengatur masyarakat dalam rangka mencukupi kebutuhan pokok atau dasar tiap-tiap anggota masyarakatnya. Dalam pemenuhan kebutuhan manusia diperlukan suatu lembaga yang mengatur pemenuhan berbagai jenis kebutuhan manusia. Jika tidak, maka kehidupan masyarakat akan sulit terkendali dan timbul kekacauan, ketidakmerataan dan lain-lain.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Materi Bab 2 Interaksi Sosial dan Lembaga Sosial"

Post a Comment